Koordinat Kartesius SMP Kelas 8 Materi 3

 

Posisi Garis Terhadap Sumbu X dan Sumbu Y

1.     Garis sejajar

Garis sejajar adalah dua garis atau lebih yang terletak di satu bidang yang sama dan keduanya tidak mempunya titik potong walaupun di perpanjang.

Garis l adalah garis horizontal yang sejajar dengan sumbu x. Jika kita perhatikan pada garis yang sejajar sumbu x pada setiap titik yang dilalui mempunyai koordinat y yang konstan (berapapun nilai x nya, y sama).

2.     Garis Tegak Lurus

Garis tegak lurus adalah dua garis atau lebih yang terletak di satu bidang yang sama dan keduanya saling berpotongan sehingga membentuk sudut siku-siku.

Garis m merupakan garis vertikal yang sejajar dengan sumbu y. Garis ini memotong sumbu x secara tegak lurus.

3.     Garis yang memotong sumbu x dan y

Garis n1 dan n2 adalah garis yang tidak sejajar dengan sumbu x maupun sumbu y. Garis n memotong sumbu x dan sumbu y. Berbeda dengan garis l dan m sebelumnya, garis yang memotong sumbu x dan sumbu y tidak mempunyai nilai x atau y yang konstan. Garis seperti ini mempunyai nilai kemiringan tertentu yang disebut dengan gradien. Gradien adalah kemiringan suatu garis terhadap sumbu x.

Berdasarkan penjelasan diatas, kita dapat melihat garis-garis yang sejajajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu X dan Y dari ke tiga gambar diatas melalui tabel di bawah ini :

Contoh :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perpangkatan dan Bentuk Akar Materi 1 Matematika kelas 9

Materi Matematika Kelas 9 SMP

Koordinat Kartesius SMP Kelas 8 Materi 2